f Mengejar Medali, siap tayang di pesantren! ~ KREMOV PICTURES - Komunitas Film Banten dan Rumah Produksi

Rabu, 09 Januari 2013

Mengejar Medali, siap tayang di pesantren!

Film "Mengejar Medali" adalah film unggulan terbaru produksi Kremov Pictures yang didukung oleh Lembaga Pondok Pesantren Daar El-Falaah Pandeglang yang berdurasi 15 menit. Film Pendek bertemakan Sport and Religion ini memang digarap untuk mengasah kreatifitas para santri dibidang perfilman dan multimedia. Disutradarai oleh Darwin Mahesa dan di produseri oleh Chiko M. Averoes memang menjadi bahan perbincangan hangat mengawali tahun 2013. Dengan bintang film dari Asti Sofyani yang sebelumnya pernah meraih The Winner Casting Banten 2012 yang diadakan oleh Untirta, dan ia pula pernah menjadi peran utama dalam film "Menembus Lorong Badak" Film besar produksi Kremov Pictures 2012. Asti Sofyani ditandingkan dengan pemain utama lainnya yakni santri dari Ponpes Daar El-Falaah Pandeglang, puluhan dari para santriwan dan santriwati mengikuti casting yang diadakan pada Jumat, 19 Oktober 2012, kenapa memilih hari Jumat ? karena hari Jumat adalah hari libur utuk para santri. Dengan beragam event dan penjelasan melalui film terpilihlah "Dicky Gamal" dan "Ahmad Nauval" dimana mereka merupakan pertama kali berakting untuk film. "Sebelumnya saya pernah akting, tapi hanya teater, ketika ada casting ini alhamdulillah saya terpilih dan bisa merasakan akting didepan kamera!" ucap Nauval. 
Film pendek yang shooting selama seminggu dan diproduksi selama 2 bulan ini memakan biaya yang tidak sedikit, walau menggunakan peralatan sederhana tetapi menyiapkan beragam property dan transportasi untuk ratusan santri memang cukup menjadi sebuah tantangan dalam proses pembuatan film. Menurut Chiko M. Averoes koordinator sekaligus merangkap sebagai produser ini mengatakan bahwa film Mengejar Medali harus lebih baik dari produksi Kremov sebelumnya, "walaupun film pendek tapi harus totalitas jangan setengah-setengah" ujarnya. Uniknya Film ini digarap hanya dengan beberapa crew saja seperti Rendi Hidayat (Cameramen) Rian Hardenato (Director of Photography) Lia Nurapriani (Make-up wardrobe)  an Nando Sumarna (Operator Lighting) Sedangkan sebagian crew lain diambil dari Ponpes.
Darwin Mahesa, selaku sutradara film yang cukup produktif dlaam berkarya ini mengaku memiliki kendala dalam pembuatan film ini. "Ya kendalanya terdapat pada  ratusan santri yang menjadi figuran, apalagi santri laki-laki dan perempuan dipisah dengan jarak yang sangat jauh, gedung berbeda, sedangkan dalam film kami mengambil satu setting dimana gedung antara putra dan putri tidak terlalu jauh, artinya masih dalam satu lingkungan pendidikan pesantren, karena shooting dilaksanakan di Ponpes putra, ya kami pun menyediakan transportasi antar jemput puluhan santri putri untuk take shooting di ponpes putra, kalau mengatur akting sih ya alhamdulillah dimudahkan karena pada prinsipnya mereka sudah memiliki basic." ujarnya. Menurut Darwin shooting film yang didukung oleh pimpinan Ponpes tersebut akan diikutsertakan dalam beragam festival, seperti soundtracknya berjudul "Mengejar Medali" yang digarap oleh Rizki Kurniawan (Music Director) serta dinyanyikan oleh Shafira, membuat syahdu dalam setiap adegannya. Selain itu film berdurasi singkat ini akan ditayangkan  pada akhir Januari hingga akhir Februari 2013 di berbagai Pondok Pesantren Banten serta SMA dan Kampus di Kota Serang sebagai media pembelajaran mengenai audio visual. Kita nantikan ya :)) (red/09/01/13)

Ini dia Trailernya :

 

3 komentar:

Fahmiponpes@gmail.com mengatakan...

Keren Bro...!!!

Andi Ferand mengatakan...

Mantap! I like it..

benx08 mengatakan...

ahaha mantap
pesantren gue dulu nih :p

 
Product by Kremov Pictures | Disbudpar Provinsi Banten - Visit Banten 2015 | Jawaranya Film Banten!