f Banten Pos News : Film Ki Wasyid Di Putar! ~ KREMOV PICTURES - Komunitas Film Banten dan Rumah Produksi

Kamis, 03 Oktober 2013

Banten Pos News : Film Ki Wasyid Di Putar!

Banten Pos - CILEGON - Sepasang remaja sedang melihat poster Film Pejuang Geger Cilegon 1888, Ki Wasyid di Bioskop 21 Ramayana Cilegon, Rabu (25/9). Pada launching perdana film tersebut, bioskop satusatunya di Kota Cilegon tersebut dipenuhi pelajar dan tamu undangan. Para pelajar mengaku baru tahu jika Ki Wasyid, merupakan pahlawan asal Cilegon.
CILEGON, BP - Ratusan warga Kota Cilegon begitu antusias menyaksikan pemutaran film pendek pejuang banten, Ki Wasyid di Bioskop 21 Ramayana Mall Cilegon, Rabu (25/9). Namun dibalik pemutaran film peristiwa Geger Cilegon  yang berdurasi 18 menit tersebut, banyak diantara penonton yang sebagain besar adalah pelajar tidak mengenal dan mengetahui sejarah perjuangan Ki Wasyid.
Aulia, Salah satu siswa SMU 2 KS, mengaku selama ini tidak pernah diajarkan sejarah perjuangan pahlawan-pahlawan Banten di sekolahnya. " Di sekolah di kurikulum mata pelajaran sejarah tidak ada yang mengajar atau memberi pengetahuan sejarah pejuang Banten,” ungkapnya.
Ia mendapatkan sedikit pengetahuan tentang sejarah pejuang Banten hanya dari buku bacaan yang ada di perpusatakaa nsekolah saja "Saya malah tahu sejarah pejuang Banten seperti Ki Wasyid hanya dari buku-buku yang ada di perpustakaan. Sama juga pejuang-pejuang banten lainnya,” terangnya.

Hal senada diungkapkan Niskri, salah seorang pelajar yang duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama di Cilegon. Bahkan ia mengaku baru tahu ada pahlawan bernama Ki Wasyid dari pemutaran filamnya sekarang ini. “Di sekolah tidak diajarkan, dan ini baru saya tahu kalau Ki Wasyid itu pejuang Banten. Dar iCIlegon lagi,” jelasnya.
Saat ditanyai Banten Pos mengenai keberadaan makam Ki Wasyid, dirinya tak kuasa menjawab dengan jawaban yang salah. "Makam Ki Wasyid ada di Pandeglang, mas," terangnya.
Sementara itu, Darwin Mahesa sutradara Film Ki Wasyid yang juga motor Kremov Picture mengungkapkan, pemutaran film Ki Wasyid Pahlawan Geger Cilegon 1888 dimaksudkan sebagai suatu bentuk pengenalan sejarah kepada generasi muda, bahwa ki wasyid adalah tokoh perjuangan yang bukan hanya di Kota Cilegon, tapi juga sebagai tokoh perjuangan nasional. "Dewasa ini generasi muda sudah akrab dengan teknologi. Sehingga ada beberapa generasi yang terkadang malas untuk membaca buku dan mencari tahu tentang suatu hal dengan cara instan. Pembuatan film Ki Wasyid ini merupakan satu pengenalan pengetahuan sejarah, kalau di Banten ada yang memperjuangkan aspirasi masyarakat pada zamannya,” jelasnya.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Cilegon, Bukhari memberikan apresiasi kepada anak muda Cilegon karena sudah mengenalkan tokoh pejuang Cilegon lewat film berdurasi pendek. Meskipun menggunakan peralatan sederhana, namun mampu memukau penonton. “Kami berharap, kreatif movie (kremov) bisa membuat film berdurasi panjang. Dan kami juga mengimbau kepada masyarakat Cilegon agar menonton film Ki Wasyid agar bisa menjadi tuntunan,” ungkapnya. (NAL/ZAL/IGO)

0 komentar:

 
Product by Kremov Pictures | Disbudpar Provinsi Banten - Visit Banten 2015 | Jawaranya Film Banten!